Kekeliruan Dalam Memandang Masa Muda

MediaMuslim.Info – Masih amat banyak para pemuda yang jatuh dalam pergaulan yang salah, senang dengan tindakan brutal dan kekerasan, ugal-ugalan, hura-hura dan bahkan kemaksiatan seperti, minum minuman keras, pergaulan bebas dan sebagainya. Termasuk tingkat yang mengkhawatirkan adalah meninggalkan kewajiban yang seharusnya dilakukan oleh setiap muslim yang telah baligh, seperti shalat dan puasa Ramadhan. Alasannya sangat sederhana, yakni memang begitulah seharusnya seorang pemuda itu, kalau tidak demikian namanya bukan anak muda.

Kita semuanya tanpa kecuali pasti menyadari, bahwa masing-masing kita mempunyai kesalahan dan pernah berdosa, terlupa serta khilaf. Hanya saja orang yang mendapatkan taufiq dan mau menyadari kekeliruannya pasti akan bersegera untuk bertaubat dan minta ampun kepada Alloh Subahanahu wa Ta’ala. Menyesali perbuatan itu dan berusaha sekuat tenaga untuk tidak mengulangi-nya, sebagaimana difirmankan Alloh Subahanahu wa Ta’ala, yang artinya: “Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri mereka ingat akan Alloh, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Alloh, dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Rabb mereka dan Surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal” (QS: Ali ‘Imron: 135-136)

Betapa Maha Besarnya Alloh Subahanahu wa Ta’ala; Seseorang telah melakukan tindak kekejian, menganiaya diri sendiri, kemudian mau bertaubat, menyesal, minta ampunan dan meninggalkan kemaksiatan itu lalu Alloh Subahanahu wa Ta’ala mengampuni dan memberikan untuknya kenikmatan abadi di Surga. Mengalir di bawahnya sungai-sungai, disediakan buah-buahan ranum tak kenal musim, keteduhan dan kedamaian, bidadari yang jelita dan memandang wajah Alloh Subahanahu wa Ta’ala Yang Agung lagi Mulia yang merupakan nikmat paling besar bagi penduduk Surga.

Dasar Kekeliruan
Berbagai tindakan menyimpang yang dilakukan para pemuda ternyata memiliki muara yang boleh dikatakan sama, yaitu kekeliruan dalam memahami dan menyikapi masa muda. Hampir sebagian besar pemuda memiliki persangkaan dan persepsi, bahwa masa muda adalah masa berkelana, hura-hura, bersenang-senang, main-main, berfoya-foya dan mengabiskan waktu untuk bersuka ria semaunya.

Untuk menimbang dan memandang dari sudut syar’i dikatakan belum waktunya  dan bukan trendnya. Padahal kenyataannya syari’at berbicara lain, yaitu masa muda adalah masa dimulainya seseorang untuk memikul suatu beban tanggung jawab sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadits riwayat At-Tirmidzi, bahwa ada tiga golongan yang pena diangkat (tidak ditulis dosanya) yang salah satunya adalah seorang anak hingga ia dewasa (menjadi pemuda). Maka bagaimanakah seorang pemuda muslim yang ketika itu catatan keburukan sudah mulai ditulis malah justru memperbanyak keburukannya?

Yang sebenarnya adalah, masa muda merupakan masa dimulainya seseorang memulai menumpuk dan memperbanyak amal kebajikan, masa menghitung dan introspeksi diri, masa penuh semangat dan jiwa membara untuk membangun dan beramal sebanyak-banyaknya. Masa di mana segenap kemampuan dan tenaga dicurahkan serta masa yang penuh dengan kesempatan emas untuk melakukan berbagai ketaatan dan kebaikan.

Bentuk-Bentuk Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemuda, antara lain:

  1. Meremehkan Kewajiban

  2. Terlalu Menuruti Hawa Nafsu

  3. Menyia-Nyiakan Waktu/Umur

  4. Mabuk-Mabukan dan Mengkonsumsi Narkoba

  5. Merokok

  6. Kebiasaan Rahasia (Onani)

  7. Suka Meniru Trend Orang Kafir (Tasyabbuh)

  8. Hobi Mengumbar Lisan

  9. Durhaka Kepada Kedua Orang Tua

  10. Bangga dengan Perbuatan Dosa

  11. Tidak mensyukuri nikmat Allah dan menyia-nyiakannya.

  12. Mengganggu dan menyakiti orang lain, tidak menghormati yang tua.

  13. Memutuskan hubungan silatur rahim.

  14. Suka mengikuti program obrolan dengan lawan jenis via telepon.

  15. Menunda taubat dan panjang angan-angan.

  16. Terlalu banyak tertawa dan bercanda

  17. Bergaul dengan teman yang buruk perangai.

  18. Tidak perhatian dengan urusan-urusan kaum muslimin.

  19. dsb

(Sumber Rujukan: “Min Akhtha’ Asy Syabab” Qism Al-Ilmi Darul Wathan Riyadh)

Iklan

29 Tanggapan to “Kekeliruan Dalam Memandang Masa Muda”

  1. nurriza Says:

    saya brsyukur kerana dilahirkn seorang Muslimah yang sejati.kita sebagai manusia harus bersifat benar iaitu mencari agama yang suci iaitu Islam.Brfikarlah kerna kita semua mempunyai akal fikiran.

  2. nurriza Says:

    hidup iniumpama bahtera yang menuju e pelabuhan.kita harus mengingati matlamat kita diciptakan oleh Nya.

  3. nurriza Says:

    hidup iniumpama bahtera yang menuju ke pelabuhan.kita harus mengingati matlamat kita diciptakan oleh Nya.

  4. annur Says:

    Ampunilah dosa-dosaku ya Alloh semoga, saya selalu diberikan petunjuk

  5. doer Says:

    alhamdulilah baik sekali

  6. khobir Says:

    kita ini adalah pemuda yang seharusnya merubah dari mukai kita sendiri kemudian teman terdekat kita…..
    Sehingga terjalin saling mengingatkan antara sesama kita..

  7. zufnilahmad Says:

    jadi g mn hukum komunikasi dgn lawan jenis melalui telepon??

  8. wawan Says:

    hukum dalam hubungan dengan lawan jenis di telepon haram kalo menjurus ke hal-hal yang membuata nafsu….
    syukron

  9. MARIO Says:

    Ya ALLah.. maafkan hambamu ini yg sering taubat tp dikerjakan manfaat sekali berita ini. Semoga rekan tidak seperti hal2 tsb diatas

  10. nur santosa Says:

    ingatlah kita diciptakan oleh NYa dan akan dikembalikan kepadaNYa apa yang bisa kita pertanggungjawabkan di hapaNya jika masa muda penuh dengan Kemaksiatan

  11. baim Says:

    Keep POST BRO!!!!!
    Wassalam….

  12. pur Says:

    subhanallah

  13. pur Says:

    ya allah bimbinglah kami para pemuda untuk menjaga hati .pikiran. dan pola tingkah kami dari ha hal yang tidak engkau sukai. dan sadarkan kami apabila kami sudah terjerumus.

    allahhu akbar

  14. EKO PURWANTO Says:

    hall di atas 100 % benar tentang muda-mudi skrng.semoga saja archive ini bisa mengubah persepsi pemikiran di saat muda untuk mawas diri arti hidup yang sebenar,agar tak menyesal d masa tua.

  15. ajay Says:

    Aslmkm wr.wb. Bersyukur kita masih diberi hidayah, hati serta fikiran jernih ama Allah SWT sehingga terhindar seperti orang2 yang disebutkan oleh Allah dlm surat Al-Baqoroh ayat 10 klw gak salah, karena ada banyak orang diberi hidayah but cann’t meresponnya.
    I Love Allah, rosul,mother,father,all brother n sister seiman
    Wslmkm wr.wb

  16. anindita Says:

    alhamdulilah,,bisa dijadikan sebagai motivasi terhadap kaum muda

  17. Reynold Says:

    jadi kesindir abis eung… tp emang bener sich. mdh2hn aj Allah mo ngampunin dosa gw dan kasih gw kkuatan spy bs taat kpd-Nya. Amin.

  18. bebeto poerdjo Says:

    mudah mudahan kita selalu ingat akan kekeliruan kita dan kesalahan diri kita,oleh karena itu kita harus berusaha untuk memperbaikinya.semoga usaha kita di ridhoi alloh Subahanahu wa Ta”ala,,,Amiiiiin

  19. AS Says:

    usia ana 30..ana sgt menyesal telah menyia2kan ms muda dan byk melalaikan Allah dgn kbiasaan merokok, dgr musik, melukis makhlk brnyawa dll yg semuany tyta adalh dosa..

  20. Agung kusuma1 Says:

    memang pra remaja lupa dengan kematian bhwasanya kematian akan menghampiri semua makhluk hidup termasuk para remaja, banyak para remaja yang meninggal dalam keadaan maksiat dan lupa dengan alloh… maukah kita seperti itu meninggl dlm keadaan kafir tentu tidak!!! oleh karena itu tetap berusaha untuk berbuat baik dan beribadah kepada alloh dengan sebaik-baiknya .. insya alloh alloh akan menjaga diri kita dari perbuatan2 yg tidk baik dan alloh akan memberikan balasan kebahagiaan dunia dan akhirat ammieen..

  21. Kekeliruan Dalam Memandang Masa Muda Says:

    […] Tarekat, Ta’ashub, cinta, life, love, religion, religius, www.mediamuslim.info.  https://manhajislam.wordpress.com/2007/07&#8230😉 Posted in […]

  22. edi priyono Says:

    aku sangat suka baca2 ttng artikel ini sperti ini karna bisa menjadi motivasi saya dan menjadi acuan bagi saya jjr d umur q yg ke 21 ini mungkin msh labil ya emosi blm terkontropl,,byk pokoknya lah,,

  23. sarie Says:

    astagfrlloh hladzm…..
    trnyta diriku ne msh bnyk mlkukan dosa……
    ampuni smua dosaku y ALLAH……

  24. abdul mukhamin Says:

    assaalamu Alikum..handan wa sukran lilahi ta’ala…..say seorg laki2 yg berumur 19 thn…semua yg telah di tulis di atas semuax sudah saya lakukan..mungkin bukan hanya saya saja yg melakukanx…diatara kelemhan yg ditunjukkan di atas, mungkin hanya satu dua saya yg blom saya pelajari..kemudia kendala yg saya hadapi skarg ini adalah Untuk meninggalkan gaya hidup sbagai seorg pemuda yg bolh di bilang ..pemuda masa bodoh..dan menjauhi semua kelemaha di atas bukan lah hal yg mudah..umpamakanlah saya seorg perokok berat dan saya mau ninggalin itu..tp kan U melakukanx susah,,karna setiap hari di kampus semua teman2 saya perokok..jadi klu di tawarin itu sangat sulit u ditolak…

  25. ahmad amiri Says:

    warnailah masa muda kita dengan dengan melakukan segala kebajikan

  26. H.A.MUKTAMIRIN NUR Says:

    Yth Bapak/Ibu/Sdr. Agniya, Darmawan / Darmawati
    Muslimin dan Muslimat dimana saja berada
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Dengan hormat,
    Bersama ini kami menyampaikan permohonan bantuan Pembangunan Asrama Panti Asuhan Darun Najihin, berupa Pembangunan 3 (tiga) Lantai yang terdiri dari lantai 1 (satu) Ruang kantor dan Aula, lantai 2 (dua) Asrama Putri dan lantai 3 (tiga) Asrama Putri dapat menyumbang saran/cara/solusi, bantuan matriel/uang /Benda apa aja demi cepat terselesaikan Pembangunan asram pada waktu yang ditentukan. oleh karena itu sangan kami harapkan bantuan dari semua pihak berapapaun jumlahnya .Bapak Bapak/Ibu/Sdr. Agniya, Darmawan / Darmawati. Muslimin dan Muslimat dimana saja
    Salurkan bantuan Zakat,infaq, shodaqoh dan partisifasi Saudara ke:
    – Bank Syariah Mandiri (BSM) Rek: 1570055213, an.M.NUR QQ PA DARUNNAJIHIN
    – BNI Cab. Selong Rek: 0041426189, an.MUKTAMIRIN NUR/ PA DARUNNAJIHIN
    – BRI Cab.Selong Rek: 0157.01.028541.50.8, an. PANTI ASUHAN DARUNNAJIHIN
    – E-BATARAPOS CABANG : KP. SELONG 83600. Rek: 11245-01-57-000211-5, an. MUKTAMIRIN PA DARUNNAJIHIN
    atau bantuan apa saja baik barang ataupun uang. anda bisa juga datang langsung berkunjung ke Alamat :
    Pontren “ DARUN NAJIHIN “ : Jl.Datok Daud Bagik Nyala RT.06/04 Desa Gunung Rajak Kec.Sakra Barat Kab.Lombok Timur Prop.NTB 83671. HP : 081 757 081 72——–
    Bagi yang sudah transfer, kami mohon keikhlasannya untuk memberikan konfirmasi ke Kosi via SMS di nomor : 081 757 081 72, 0817813346 atau dengan menuliskan : ZAKAT/INFAQ/SHODAQOH, Nama Bank dan Jumlahnya. Contoh: INFAQ -BNI – Rp.2 juta
    Demikian surat permohonan ini kami buat dengan sebenarnya. Atas perhatian dan bantuan yang Bapak/ibu/Sdr. berikan kami ucapkan terima kasih.
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Kepala Panti :
    H.A.MUKTAMIRIN NUR, S.AG.,S.Pd.,M.Pd

  27. Zainalsyah Says:

    kita Sbagai seorang pemuda hal apa saja yang dapat di lakukan semasa muda ini . .


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: